dinomarket live chat call center help
 0 
konfirmasi pembayaran
status pesanan
Market's Corner
Lima Alasan Belanja Online Lebih Menguntungkan
Keuntungan Memiliki Toko Online
DinoMarket Berpartisipasi Dalam CommunicAsia 2011 di Marina Bay Sands, Singapura
Jual Beli Online Kian Marak di Indonesia
DinoMarket.com, Situs Terbaik Saat ini
Tips memilih Situs Toko Online Terbaik
Trik Berbelanja Online
Tips Belanja Baju Online
Indonesia Urutan Lima Pengguna Internet
45 Juta Penduduk Indonesia Pengguna Internet
view all »
Mobil Irit, Anyer-Panarukan Hanya 1 Liter
posted on : 18 March 2010
Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta baru-baru ini meluncurkan mobil hemat energi. Mobil yang mampu menempuh perjalanan Anyer-Panarukan hanya dengan 1 liter bensin ini dinamai mobil "Semar".

Kepala Jurusan Tekhnik Mesin dan Industri, Fakultas Tekhnis UGM, Yogyakarta, Suhanan mengatakan, mobil yang modelnya terispirasi dari bentuk tetasan air itu akan maju dalam ajang Shell Eco Marathon (SEM) tingkat Asia yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 Juli 2010 di Sepang, Malaysia.

"Mobil dengan hemat energi ini adalah bentuk partisipasi kita untuk mencari solusi atas persoalan global tentang krisis energi," ujar Suhanan, Rabu, 17 Maret 2010.

Menurutnya pembuatan mobil "Semar" diawali dari kegiatan riset sejak Agustus 2009. Mobil yang "Semar" yang diluncurkan sifatnya sementara dan akan dilakukan pengembangan terus menerus guna keperluan lomba di Sepang, Malaysia.

"Selain UGM ada juga perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti Shell Eco Marathon (SEM) tingkat Asia, seperti UI, ITS dan Institut Teknologi Bandung," terangnya

Suyitno, Pembimbing Bidang Struktur, Fakultas Teknik, UGM menyatakan pada dasarnya dalam ajang lomba Shell Eco Marathon (SEM) tingkat Asia ada dua kategori, yaitu kategori bidang urban car (city car), dan kategori bidang futuristik.

"Untuk UGM ikut yang bidang futuristik. Untuk pembuatannya cukup 1,5 bulan. Tetapi risetnya yang lama dan melibatkan kreasi tim 'Shell Eco Marathon Racing Team' (SEMART)," jelasnya

Pada intinya, kendaraan hemat energi yang berhasil diciptakan tersebut memiliki tiga keunggulan pokok. Yaitu masalah bobot, bentuk dan mesinnya.

Untuk bobot kendaraan hanya 2,5 kilogram, bentuknya aerodinamik dengan tingkat koefisiensi hanya 0,1 hingga 0,2. Dan mesinnya 25 cc.

"Kendaraan hemat energi ini memiliki kecepatan 45 kilometer per jam. Tetapi kita patok untuk kecepatan rata-ratanya 35 kilometer per jam," tuturnya.

Sumber : Vivanews
Direct Link  :  
Comments :
Notes : Maximum Length 140 Characters
Other Comments :

none

Vivo V5s - Rose Gold
BEST SELLER! Vivo V5s - Rose Gold
Rp 3.599.000
 Rp 2.999.000
Samsung Galaxy S8+ (Coral B
BEST SELLER! Samsung Galaxy S8+ (Coral Blue)
Rp 11.999.000
 Rp 10.999.000
Fisch Cordless Screwdriver
BEST SELLER! Fisch Cordless Screwdriver 3.6 V Drill
Rp 299.000
 Rp 169.000
Meguiar's Whole Car Air Re-
BEST SELLER! Meguiar's Whole Car Air Re-Fresher Odor Eliminator 60 ml
Rp 229.000
 Rp 179.000
Harap aktifkan cookies pada browser Anda untuk mendapatkan pengalaman berbelanja terbaik di DINOMARKET.com!