DINOMARKET Blog
10 Cara Mempercepat Koneksi WiFi yang Lambat
19 July 2019
Koneksi internet nirkabel menggunakan WiFi yang cepat tentu sangat membantu kegiatan sehari-hari. Jika koneksi WiFi tiba-tiba menjadi lambat, bukan tidak mungkin pekerjaan yang sedang dilakukan bisa terganggu.

Jika kalian sering menghadapi koneksi WiFi yang lambat, tidak perlu lagi khawatir karena ada banyak cara untuk mempercepat koneksi WiFi yang lambat dengan mudah.

Berikut 10 cara mempercepat koneksi WiFi yang dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

1. Perbarui Firmware Router

Salah satu hal sederhana yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat koneksi WiFi adalah dengan memperbarui firmware di router kalian. Perusahaan pembuat router biasanya selalu memperbarui software untuk menghasilkan koneksi WiFi yang lebih cepat.

2. Tempatkan Router di Lokasi yang Optimal

Router memang tidak terlihat cantik untuk di ruangan, tapi jangan sembunyikan router di dalam lemari, atau di dekat jendela tempat masuknya kabel. Agar kecepatan WiFi lebih maksimal, tempatkan router di bagian tengah rumah agar sinyalnya bisa menjangkau area sejauh mungkin.

3. Jauhkan dari Perangkat Elektronik

Banyak orang yang menempatkan router mereka dekat televisi atau telepon, padahal ini bisa menghambat sinyal WiFi. Sebaiknya letakkan router sejauh mungkin dari perangkat elektronik seperti TV, speaker, monitor, atau AC.

4. Jauhkan dari Perangkat Wireless

Sinyal WiFi bisa juga dihambat oleh perangkat wireless seperti speaker Bluetooth dan monitor bayi. Jadi sebisa mungkin jauhkan router dari gangguan perangkat lain.

5. Ganti Channel

Jika kalian memiliki tetangga, router dan access points mereka bisa saja mengganggu milik kalian dan membuat sinyal WiFi menjadi lambat. Router WiFi bisa bekerja di berbagai channel, dan kalian ingin channel yang lebih sepi dan jarang digunakan.

Di PC atau komputer Windows, kalian bisa melihat channel mana yang digunakan oleh WiFi tetangga. Caranya masuk ke Command Prompt dan ketik "netsh wlan show all". Nantinya kalian akan melihat daftar yang berisi jaringan wireless dan channel yang digunakan di sekitar kalian.

6. Buat Antena DIY

Ada beberapa trik DIY yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat koneksi WiFi, salah satunya dengan membuat antena dari kaleng minuman. Caranya potong bagian atas dan bawah kaleng, serta potong kaleng di tengah sehingga menjadi lembaran metal.

Taruh potongan kaleng ini di belakang antena router dengan bentuk seperti parabola, dan biarkan bagian depannya terbuka. Walau hasilnya tidak begitu drastis, trik ini berhasil mempercepat koneksi WiFi.

7. Ganti Router yang Usang

Jika kalian menggunakan router lama, misalnya yang menggunakan standar 802.11n, router tersebut memiliki batas bandwidth yang cukup rendah. Jadi, sebisa mungkin upgrade router kalian dengan router yang memiliki standar terbaru yaitu 802.11ac yang bisa mendukung bandwidth hingga 1Gbps.

8. Ubah Pengaturan Smartphone

Jika kalian mengggunakan smartphone Android, khususnya Xiaomi, ada cara mudah untuk mempercepat koneksi WiFi tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Caranya masuk ke aplikasi Settings, kemudian pilih opsi WiFi. Setelah itu, scroll ke bawah hingga menemukan opsi Advanced settings.

Klik opsi tersebut kemudian pilih opsi WiFi speed mode untuk memberi prioritas bandwidth pada aplikasi tertentu. Ada opsi Regular mode yang bisa membagi bandwidth secara merata untuk aplikasi yang berjalan di foreground dan background.

Selain itu ada opsi Extreme mode yang bisa memprioritaskan bandwidth pada aplikasi yang berjalan di foreground, sedangkan aplikasi yang berjalan di background kemungkinan tidak bisa mengakses internet untuk sementara.

9. Gunakan Password

WiFi yang diamankan dengan password tentu akan terhindar dari tetangga nakal yang ingin menumpang menggunakan WiFi secara gratis. Pastikan juga password kalian menggunakan enkripsi WPA2 agar lebih sulit dibobol oleh orang lain.

10. Reboot Router

Boot ulang router secara reguler merupakan cara mudah untuk meningkatkan kecepatan WiFi di rumah. Jangan hanya reboot router saat kalian merasa koneksi WiFi sedang lambat, lebih baik untuk mengatur jadwal otomatis agar router bisa restart sekali dalam sehari atau seminggu.


Sumber : inet.detik.com
Cookies pada browser Anda saat ini sedang tidak aktif. Untuk dapat login dan berbelanja di DINOMARKET.com, segera aktifkan cookies pada browser Anda.
Daftarkan e-Mail Anda disini dan dapatkan
penawaran menarik
 
SUPPORTED BY :
BANK
BANK MANDIRI BCA BRI
BNI CIMB NIAGA BANK DANAMON
PANIN BANK PERMATA BANK MAYBANK
BANK OCBC BANK KB BUKOPIN BANK MEGA
BANK UOB BANK DBS BANK HSBC
MNC BANK BANK MAYAPADA BANK DKI
MUAMALAT BTN BTPN
COMMONWEALTH BANK
DEBIT CARD & E-PAYMENT
MANDIRI DEBIT BRI DEBIT DANAMON DEBIT
HSBC DEBIT OCBC DEBIT COMMONWEALTH DEBIT
CIMB NIAGA DEBIT PERMATA DEBIT PERMATA ME
MEGA DEBIT CARD BNI DEBIT CARD BCA VIRTUAL ACCOUNT
BRI VIRTUAL ACCOUNT BCA KLIKPAY BCA SAKUKU
E-PAY BRI BRI POINT BNI DEBIT ONLINE
IPAY BNI DANAMON ONLINE BANKING CIMB CLICKS
REKENING PONSEL CIMB OCTOPAY BTN MOBILE BANKING
BTN DEBIT ONLINE IB MUAMALAT JENIUS PAY
DIGIBANK BY DBS JAKONE MOBILE GO-PAY
OVO LINKAJA KREDIVO
AKULAKU INDODANA TMRW PAY
AFTER SALES SERVICE
Jaminan Penanganan After Sales Untuk Produk Yang Berkendala
CUSTOMER SUPPORT
Memberikan Layanan Kelas Premium Kepada Customer Dengan Ramah, Sigap Dan Profesional
FOLLOW US :
instagram facebook twitter
DOWNLOAD NOW :
Dinomarket App at Apple App Store Dinomarket App at Android Play Store
Copyright © 2008-2024 PT DINOMARKET