DINOMARKET Blog
Tak Hanya PC, Ransomware Bisa Menyerang Kamera Digital
14 August 2019
Tidak hanya PC, kamera digital juga bisa terinfeksi ransomware. Kerentanan keamanan ini terjadi pada kamera digital yang terhubung ke internet

Adapun ransomware tersebut memungkinkan peretas masuk untuk menyebarkan malware. Hal tersebut membuat kamera tidak dapat berfungsi ataupun menjadikan perangkat menjadi gatewa untuk menginfeksi jaringan yang lebih besar.

Dilansir dari laman ZDNet, Senin (12/8/2019) kamera digital menggunakan Picture Tranfer Protocol (PTP) yakni protokol standar untuk mentrasfer file digital. Para peneliti di perusahaan cybersecurity Check Point Software menemukan bahwa ada kemungkinan untuk mengeksploitasi kerentanan dalam protokol untuk menginfeksi kamera dengan ransomware, mempresentasikan temuan mereka di konferensi keamanan Defcon di Las Vegas.

Para peneliti melakukan pengamatan dengan Canon EOS 80D karena memiliki konektivitas USB dan Wi-Fi, serta komunitas modding yang luas yang menyediakan perangkat lunak sumber terbuka untuk kamera. Meskipun menggunakan satu contoh perangkat, para peneliti memperingatkan bahwa semua kamera digital yang terhubung ke internet bisa rentan terhadap serangan.

"Setelah dikompromikan, penyerang memiliki kendali penuh atas kamera, dan mereka dapat merusaknya, menggunakannya sebagai alat spionase, atau ransomware seperti yang kami tunjukkan. Kerentanan ini sangat penting dan dapat menyebabkan kerusakan besar pada bisnis atau industri mana pun yang bergantung pada kamera digital, "kata Itkin.

Dan, dengan banyak perangkat yang menggunakan PTP, ada kemungkinan kamera lain juga dapat terkena dampak dari serangan serupa.

"Karena PTP banyak digunakan oleh semua vendor kamera digital, kami percaya bahwa kerentanan yang sama akan mempengaruhi vendor lain juga. Penelitian kami hanya satu contoh lagi pada tingkat keamanan yang relatif rendah di perangkat yang disematkan sehari-hari," kata Itkin.

Check Point mengungkapkan kerentanan terhadap Canon, yang telah mengeluarkan pembaruan keamanan untuk perangkatnya. Meskipun tidak ada contoh serangan yang diketahui, Canon telah menyarankan pengguna untuk menerapkan pembaruan.


Sumber : techno.okezone.com
Cookies pada browser Anda saat ini sedang tidak aktif. Untuk dapat login dan berbelanja di DINOMARKET.com, segera aktifkan cookies pada browser Anda.
Daftarkan e-Mail Anda disini dan dapatkan
penawaran menarik
 
SUPPORTED BY :
BANK
BANK MANDIRI BCA BRI
BNI CIMB NIAGA BANK DANAMON
PANIN BANK PERMATA BANK MAYBANK
BANK OCBC BANK KB BUKOPIN BANK MEGA
BANK UOB BANK DBS BANK HSBC
MNC BANK BANK MAYAPADA BANK DKI
MUAMALAT BTN BTPN
COMMONWEALTH BANK
DEBIT CARD & E-PAYMENT
MANDIRI DEBIT BRI DEBIT DANAMON DEBIT
HSBC DEBIT OCBC DEBIT COMMONWEALTH DEBIT
CIMB NIAGA DEBIT PERMATA DEBIT PERMATA ME
MEGA DEBIT CARD BNI DEBIT CARD BCA VIRTUAL ACCOUNT
BRI VIRTUAL ACCOUNT BCA KLIKPAY BCA SAKUKU
E-PAY BRI BRI POINT BNI DEBIT ONLINE
IPAY BNI DANAMON ONLINE BANKING CIMB CLICKS
REKENING PONSEL CIMB OCTOPAY BTN MOBILE BANKING
BTN DEBIT ONLINE IB MUAMALAT JENIUS PAY
DIGIBANK BY DBS JAKONE MOBILE GO-PAY
OVO LINKAJA KREDIVO
AKULAKU INDODANA TMRW PAY
AFTER SALES SERVICE
Jaminan Penanganan After Sales Untuk Produk Yang Berkendala
CUSTOMER SUPPORT
Memberikan Layanan Kelas Premium Kepada Customer Dengan Ramah, Sigap Dan Profesional
FOLLOW US :
instagram facebook twitter
DOWNLOAD NOW :
Dinomarket App at Apple App Store Dinomarket App at Android Play Store
Copyright © 2008-2024 PT DINOMARKET