News Corner
5 Tips Membuat Layar Smartphone Yang Tergores Menjadi Baru
Inilah Penampakan Pertama Android 5.0 Lollipop di Samsung Galaxy Note 4
Toko Bawah Air Sony Sudah Resmi Dibuka
Smartphone Nokia Lumia 730 Catatkan Rekor Foto Selfie Terbesar Dunia
Tongkat Narsis Ikut Mendunia
Ini Alasan Lihat Ponsel Tidak Boleh Menunduk
Ini Gadget Pintar Menemani Aktivitas Pengguna Bermain Air
Bocah 5 Tahun Jadi Pakar Microsoft Termuda di Dunia
Fakta Mencengangkan di Rumah Rp 1,4 Triliun Bill Gates
LG Vendor Pertama yang Update Android 5.0
view all ยป
Ini Mengapa Sulitnya Bangun Pagi!
posted on : 03 September 2013
Jakarta - Bangun pagi memiliki banyak manfaat, mulai dari kesehatan, psikologis sampai menentukan kesejahteraan seseorang. Namun nyatanya ini bukan perkara mudah.

Pada kebanyakan orang sangat sulit bisa bangun bagi dan bahkan merasa jauh lebih buruk di pagi hari ketimbang malam hari.

Para ilmuwan dari Universitas Colorado Boulder menemukan jawaban mengapa sulit sekali untuk bangun pagi.

Seperti dikutip dari geniusbeauty, sinar matahari memiliki peran penting terhadap kualitas tidur, hingga akhirnya menentukan apakah orang itu bisa bangun pagi atau tidak.

Sinar matahari menentukan jumlah hormon melatonin yang mengatur irama sirkadian tubuh atau periode tidur dan terjaga. Sekitar dua jam sebelum tidur jumlah hormon ini meningkat tajam dan kemudian secara bertahap akan menurun selama malam dan pagi.

Jika seseorang tidur tidak tepat waktunya seperti yang dikondisikan secara alami, tingkat melatonin dalam darah setelah bangun tidur yang terakhir akan tetap tinggi beberapa jam, ini yang membuat irama sirkadian tubuh terganggu.

Untuk menghindari ini, para ilmuwan menyarankan agar orang-orang banyak menghabiskan waktu di luar rumah agar terpapar lebih banyak sinar matahari untuk meningkatkan biorhythm.

Mereka yang bangun pagi dilaporkan memiliki perasaan lebih positif, bahagia, sehat dibandingkan mereka yang tidur lebih lama. [mor]

sumber : inilah
  Produk Pilihan untuk Anda: