News Corner
5 Tips Membuat Layar Smartphone Yang Tergores Menjadi Baru
Inilah Penampakan Pertama Android 5.0 Lollipop di Samsung Galaxy Note 4
Toko Bawah Air Sony Sudah Resmi Dibuka
Smartphone Nokia Lumia 730 Catatkan Rekor Foto Selfie Terbesar Dunia
Tongkat Narsis Ikut Mendunia
Ini Alasan Lihat Ponsel Tidak Boleh Menunduk
Ini Gadget Pintar Menemani Aktivitas Pengguna Bermain Air
Bocah 5 Tahun Jadi Pakar Microsoft Termuda di Dunia
Fakta Mencengangkan di Rumah Rp 1,4 Triliun Bill Gates
LG Vendor Pertama yang Update Android 5.0
view all ยป
Galaxy Note 3, Ponsel Jumbo Samsung Paling Jago
posted on : 27 December 2013
Di samping seri Galaxy S dengan model terbaru Galaxy S4, Samsung masih punya andalan lain di segmen smartphone premium. Apalagi kalau bukan Galaxy Note yang kini sudah dirilis seri ketiganya.

Galaxy Note 3 memiliki spesifikasi paling tinggi, bahkan dibandingkan Galaxy S4 sekalipun. Memang seri Galaxy Note sedikit banyak mengangkat posisi Samsung sebagai inovator.

Galaxy Note boleh dibilang phablet pertama yang mampu menuai popularitas, terbukti sekarang banyak vendor lain juga merilis phablet. Samsung melengkapinya dengan sebuah stylus, yang tidak sekadar gaya namun memang canggih.

Seperti apa kemampuan Galaxy Note 3 dan apa kelebihan serta kekurangannya? Untuk lebih jelasnya, simak dalam review detikINET berikut ini.

1. Desain

Dilihat sekilas, memang tidak banyak perbedaan antara Galaxy Note 3 dengan pendahulunya, yaitu Galaxy Note 2. Namun jika dilihat lebih dekat, Note 3 membawa ciri khas tersendiri.

Terutama di bagian belakangnya yang terlihat seperti kulit, dan bagian pinggirannya seperti dijahit. Namun materialnya bukan kulit asli dan juga tidak benar benar dijahit.

Jika diamati dengan lebih seksama, maka ketahuan casing belakang Note 3 terbuat dari plastik. Namun desain kulit imitasi itu mampu memunculkan keunikan tersendiri.

Bagian sisi-sisinya diberi warna mengkilat yang terlihat berkualitas dan elegan. Meski juga dibuat dari material plastik, namun terasa solid.

Memang seri Galaxy, termasuk Note 3, kadangkala dikritik karena materialnya yang dinilai kurang premium. Namun sepertinya, banyak konsumen yang tidak mempermasalahkan hal itu.

Di sekeliling bodinya, Galaxy Note 3 dibekali tombol on/off, volume, colokan headphone dan tentu saja colokan charger. Di sudut bodi bagian kanan, ada ruang untuk memasukkan stylus S Pen.

Secara keseluruhan, Galaxy Note 3 terlihat lumayan premium meski mungkin tidak memenuhi harapan sebagian pihak untuk sebuah handset berharga Rp 8 jutaan. Meski berukuran besar, ia cukup nyaman dalam genggaman meski kadang menimbulkan kerepotan tersendiri.

2. Layar

Note 3 mengandalkan layar seluas 5,7 inch dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixel. Teknologi yang digunakannya adalah Super Amoled yang sudah dipakai Samsung bertahun tahun. Kepadatan pixelnya 386ppi (pixel per inch).

Seperti umumnya smartphone papan atas, kualitas layar memang tidak perlu disangsikan lagi. Layar Galaxy Note 3 pun tampak jernih dan lumayan jelas meski dioperasikan di bawah sinar matahari. Namun dengan catatan, setting brightness dimaksimalkan.

Terlebih dengan ukuran besar, melihat konten di Note 3 terasa memuaskan. Melihat film pun terasa nyaman dan tidak melelahkan di mata.

Sistem operasi Android versi 4.3 Jelly Bean menjadi OS Galaxy Note 3. Dan hampir dapat dipastikan handset bongsor ini mendapat update Android KitKat.

Samsung melakukan cukup banyak modifikasi dengan antar muka Touch Wiz UI. Satu yang cukup menonjol adalah tampilan My Magazine, yang bisa diakses dengan menekan tombol home dua kali atau menggeser layar dari bawah ke atas.

Tampilan My Magazine berupa kotak kotak yang bisa diisi dengan berbagai update berita sesuai kustomisasi pengguna. Geser ke kiri, maka pengguna juga bisa menampilkan konten jejaring sosial, foto dan sebagainya. Interface My Magazine memang bukan sesuatu yang baru, mirip Flipboard atau BlinkFeed di handset HTC.

Aplikasi familiar buatan Samsung seperti S Voice, S Planer dan yang terbaru aplikasi kesehatan berjuluk S Health tidak ketinggalan dihadirkan. Beberapa aplikasi dioptimalkan untuk digunakan dengan stylus S Pen.

3. Hardware

Galaxy Note 3 boleh dibilang sebagai bintang di antara jajaran handset Android Samsung dalam soal spesifikasi. Ia menjadi ponsel pertama yang memiliki RAM 3GB.

Note 3 sebenarnya terdiri dari versi CPU yaitu quad core 2,3 GHz Snapdragon 800 (model LTE) dan versi Exynos 5420 yang terdiri dari empat inti Cortex A15 1,9 GHz dan empat inti Corte A7 1,3GHz.

Untuk pasar Indonesia, yang beredar adalah versi GSM dengan octa core tersebut. Didukung spesifikasi tingkat tinggi, performa Note 3 pun bisa diandalkan.

Semua tugas umum sebuah smartphone seperti membuka aplikasi, menggeser halaman, membuka kamera, mengakses foto dan video, dapat dilakukan dengan cepat tanpa kendala. Di berbagai aplikasi benchmark, Note 3 mampu mencetak skor yang bagus. Yang menggambarkan performanya memang di atas rata-rata.

Baterai Note 3 yang berkapasitas sebesar 3.200 mAh bisa diandalkan dan mampu bertahan hidup sampai sekitar 8 jam dalam pemakaian yang cukup sering.

4. Stylus S Pen

Deretan phablet boleh saja bertebaran di pasaran saat ini. Namun Note 3 memiliki diferensiasi tersendiri dengan adanya stylus S Pen yang lebih canggih dibandingkan generasi sebelumnya.

Zaman dahulu, stylus mungkin hanya berfungsi untuk membuka aplikasi saja. Namun beda dengan S Pen, di mana Samsung membenamkan sederet fungsi baru.

Stylus S Pen di Galaxy Note 3 lebih canggih ketimbang Note 2. Sekarang, pengguna dapat mengakses fungsi-fungsi utama cukup dengan mendekatkan stylus di bagian layar manapun,.

Begitu terdapat titik biru saat stylus didekatkan di layar, tekan tombolnya. Maka akan langsung muncul menu yang bernama Air Command. Nah, menu ini terdiri dari beberapa fungsi yang bisa dipilih cukup dengan menggeserkan stylus.

Ada fungsi bernama Action Memo. Fitur ini antara lain memungkinkan pengguna melingkari tulisan angka atau alamat dan langsung melakukan panggilan telepon atau mencari peta berdasarkan tulisan tersebut.

Cukup tulis alamat yang dimaksud, dilingkari, dan tekan ikon peta, maka alamat tersebut akan langsung muncul di Google Maps.

Terdapat juga fitur bernama Scrapbook yang memungkinkan user mengoleksi konten berdasarkan kategori. Cukup dengan melingkari foto, link atau video di YouTube, maka konten tersebut akan langsung terkumpul dalam apilkasi Scrapbook sesuai dengan kategorinya.

Sebagai pasangan S Pen, ada aplikasi khusus S Note yang semakin lengkap fiturnya dibandingkan versi terdahulu. S Note memungkinkan pengguna mendesain gambar, tulisan sampai majalah dengan template yang sudah disediakan.

5. Kamera

Sektor kamera menjadi salah satu lahan perlombaan teknologi para vendor ponsel. Resolusinya belakangan semakin tinggi yang diharapkan dapat diterjemahkan dalam jepretan foto kualitas bagus.

Galaxy Note 3 pun dibekali dengan kamera resolusi tinggi. Yaitu sebesar 13 megapixel, sama dengan deretan berbagai smartphone kelas atas masa kini. Kualitasnya pun bagus untuk mengabadikan momen.

Sisi kamera ini mengalami lompatan yang cukup besar dibandingkan generasi sebelumnya. Galaxy Note 2 'hanya' dibekali dengan kamera berkekuatan 8 megapixel.

Kemampuan lain dari Galaxy Note 3 versi LTE ini adalah mampu merekam video dengan kualitas setara 4K atau ultra HD. Fitur tak kalah menarik adalah kamera ini mampu merekam video dengan format 30 fps.

6. Kesimpulan

Bergairahnya pasar phablet, sebutan untuk ponsel jumbo yang memadukan fungsionalitas tablet dan smartphone, salah satunya berkat popularitas Galaxy Note. Dan Samsung coba memastikan Note 3 tetap akan memimpin di tengah gempuran kompetitor.

Spesifikasi tingkat tinggi, dengan RAM 3GB dan prosesor bertenaga, membuat Note 3 beroperasi lancar tanpa kendala. Layar yang jernih juga jadi kelebihan tersendiri.

Namun yang benar benar membedakannya dari kompetitor adalah stylus S Pen yang punya beragam fungsi. Sebagian fungsi itu memang berguna, bukan sekadar gimmick.

Jika ada kekurangan mungkin di materialnya yang masih plastik. Samsung coba membuatnya terkesan mahal dengan cover belakang kulit imitasi serta aksen metalik di bagian frame. Bagaimanapun, Note 3 adalah phablet dengan performa dan fitur handal yang rasanya tidak akan mengecewakan pemiliknya. Tentu jika mereka rela mengeluarkan sekitar Rp 8 juta untuk meminangnya.

Sumber : DetikNet
  Produk Pilihan untuk Anda: