News Corner
5 Tips Membuat Layar Smartphone Yang Tergores Menjadi Baru
Inilah Penampakan Pertama Android 5.0 Lollipop di Samsung Galaxy Note 4
Toko Bawah Air Sony Sudah Resmi Dibuka
Smartphone Nokia Lumia 730 Catatkan Rekor Foto Selfie Terbesar Dunia
Tongkat Narsis Ikut Mendunia
Ini Alasan Lihat Ponsel Tidak Boleh Menunduk
Ini Gadget Pintar Menemani Aktivitas Pengguna Bermain Air
Bocah 5 Tahun Jadi Pakar Microsoft Termuda di Dunia
Fakta Mencengangkan di Rumah Rp 1,4 Triliun Bill Gates
LG Vendor Pertama yang Update Android 5.0
view all ยป
Pertolongan Pertama Saat Ponsel Tercebur
posted on : 24 July 2014
Apakah benar saat ponsel tercebur air lalu kita langsung menyalakan akan menambah parah keadaan ponsel tersebut. Lalu bagaimana tindakan pertama saat ponsel tercebur air?

Jawaban:

Benar. Memang ketika ponsel tercebur, kita pasti khawatir apakah ponsel tersebut masih bisa berfungsi atau menyala. Biasanya orang segera mengeringkan seadanya kemudian segera menyalakan. Sirkuit yang basah ketika dialiri listrik tentu saja mudah korslet.

Sebenarnya kondisi tercebut ke air tawar, kans ponsel tetap bisa bekerja normal besar, asal kita melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

-. Cabut baterai dan pisahkan dari ponsel. Jika baterai tidak bisa di cabut, matikan ponsel sampai benar-benar off.

-. Keringkan ponsel dengan lap atau tisu sejauh yang bisa dijangkau. Jangan menggunakan hairdryer, karena angin dari hairdryer bisa menggerakkan cairan di dalam ponsel bergerak jauh ke sela-sela.

-. Bagian dalam ponsel cenderung masih basah, butuh kesabaran untuk mau menyimpannya dan menunggu cukup lama. Kalau punya dryer box lebih baik, isi dengan silica gel (sachet yang suka ada di kemasan makanan untuk menjaga tetap renyah), yang biasanya bisa dibeli di tempat menjual bahan-bahan kimia. Letakkan ponsel di sana, dan biarkan beberapa hari. Ya beberapa hari, karena ketidak-sabaran akan membuat usaha kita sia-sia karena ponsel belum cukup kering ketika dinyalakan.

-. Kalau tidak punya dry box dan silica gel, maka beras bisa menjadi alternatif. Masukkan beras secukupnya ke dalam toples dan 'kubur' ponsel di sana. Air dan kelembaban akan terserap ke dalam beras. Dan sekali lagi, biarkan beberapa hari disana, kalau perlu sampai 1-2 minggu.

-. Setelah waktu yang cukup, coba pasang dan nyalakan ponsel kembali. Kalau sudah kering benar dan tidak terjadi korsleting kemungkinan ponsel akan hidup kembali. Kalau tidak, berarti terpaksa saatnya untuk berkunjung ke service center.

Jika kondisinya berbeda, bukan terkena air tawar, tapi air laut, yang asin dan cenderung berefek korosif, langkah pertama, cabut baterai dan siram ponsel dengan air aqua / tawar, bahkan merendam di dalam air tawar, menguceknya, baru melakukan langkah-langkah pengeringan seperti di atas. Jika tidak 'dinetralkan' terlebih dahulu dengan air tawar, biasanya ponsel akan rusak karena korosif walau hanya dibiarkan semalam.
(jsn/ash)

Sumber : detik
  Produk Pilihan untuk Anda: