News Corner
5 Tips Membuat Layar Smartphone Yang Tergores Menjadi Baru
Inilah Penampakan Pertama Android 5.0 Lollipop di Samsung Galaxy Note 4
Toko Bawah Air Sony Sudah Resmi Dibuka
Smartphone Nokia Lumia 730 Catatkan Rekor Foto Selfie Terbesar Dunia
Tongkat Narsis Ikut Mendunia
Ini Alasan Lihat Ponsel Tidak Boleh Menunduk
Ini Gadget Pintar Menemani Aktivitas Pengguna Bermain Air
Bocah 5 Tahun Jadi Pakar Microsoft Termuda di Dunia
Fakta Mencengangkan di Rumah Rp 1,4 Triliun Bill Gates
LG Vendor Pertama yang Update Android 5.0
view all »
Sony Xperia T3: Ponsel Menengah Bergaya Wah
posted on : 15 September 2014
Kelas menengah di pasar ponsel Indonesia bakal semakin ramai dengan kedatangan Sony Xperia T3. Meski ponsel ini disiapkan untuk mengincar segmen menengah, namun desain yang disodorkan bergaya kelas atas.

Pun begitu, spesifikasinya juga terbilang mumpuni, apalagi Sony juga membenamkan fitur-fitur andalannya yang kerap hadir di ponsel kelas atasnya.

Makin menarik kala kamera yang diusungnya juga lumayan, terutama untuk pengambilan gambar dalam kondisi outdoor yang kerap dilakukan oleh banyak pengguna ponsel.

DetikINET berkesempatan menjajal Xperia T3 guna mengetahui lebih jauh kelebihan ponsel yang konon dibanderol pada kisaran Rp 4 jutaan ini. Apakah harga yang ditawarkan cukup pantas untuk ditebus atau malah kemahalan? Berikut reviewnya.

1. Desain Kelas Atas

Pertama kali melihat Xperia T3 langsung mengingatkan pada ponsel kelas atas Sony. Ya, ponsel terbaru Sony ini memang memiliki kedekatan desain dengan seri Xperia Z2. Namun dengan penggunaan material yang bisa dibilang masih setingkat berada di bawahnya.

Paling mencolok adalah aksen chrome yang melingkari bagian sisinya. Ditambah lagi penempatan tombol power yang sama persis seperti halnya Xperia Z2 yakni di sisi kanan bagian tengah dengan bentuk lingkaran.

Menariknya, aksen chrome tersebut sepertinya menggunakan kualitas material yang sangat baik. Terlihat dari permukaannya yang cukup solid dan tidak mudah tergores. Meski belum dapat dipastikan, bukan tak mungkin Sony mengandalkan material berbasis metal pada bagian tersebut.

Memang bukan bagian utama, namun tak dapat dipungkiri ‘pemanis’ ini sukses membuat Xperia T3 tampak berkelas. Sementara bila beralih ke bagian bodi belakang, konsumen disodorkan warna bergaya matte. Tujuannya jelas guna menambah kesan elegan yang dimilikinya, disamping juga membuatnya makin mantap digenggam.

Penempatan tombol-tombolnya juga sama persis dengan Xperia Z2 dimana tombol volume juga berada di sisi kanan berdampingan dengan tombol power, termasuk tombol kamera yang dapat digunakan pengguna untuk mengambil gambar tanpa perlu menyentuh layar. Sedangkan untuk port micro USB berada sendirian di sisi kiri Xperia T3.

Karena Xperia T3 mengusung desain unibodi, posisi slot kartu SIM dan micro SD juga berada di sisi kanan bersamaan dengan tombol-tombol. Kedua slot ditutupi oleh cover tipis yang tampak ringkih, jadi baiknya hati-hati saat membuka-tutupnya untuk menghidari kerusakan.

Adapun untuk posisi kameranya sama persis dengan Xperia Z2 yakni berlokasi di bagian belakang kiri atas. Namun bila pada Xperia Z2 bagian bawah bodi belakangnya polos, maka Xperia T3 terdapat sebuah lubang speaker persis di bawah tulisan ‘Xperia’.

2. Spesifikasi Tanggung

Karena diposisikan untuk mengisi kelas menengah, spesifikasi yang diusungnya memang bisa dibilang terkesang nanggung. Pun begitu, Xperia T3 dibenamkan prosesor Snapdragon 400 dengan kecepatan yang sedikit lebih tinggi yakni 1,4 GHz. Kebanyakan hanya berjalan pada kecepatan 1,2 GHz.

Besaran RAM-nya masih 1 GB dengan memori internal 8 GB. Namun pengguna dapat meningkatkannya melalui slot micro SD yang tersedia. Jeroan tersebut dipadu dengan bentang layar yang cukup luas berdimensi 5,3 inch dan menawarkan resolusi HD (1280x720 pixel).

Selain itu Sony juga tak luput membekalinya dengan teknologi Triluminos Display dan Mobile BRAVIA Engine 2.

Beralih ke kameranya, Xperia T3 menyodorkan kemampuan 8 MP yang sangat mungkin mengandalkan sensor Sony Exmor RS di dalamnya.

Kamera tersebut juga dipadu dengan sebuah lampu flash dan kamera depan yang hanya memiliki resolusi 1,1 MP. Dengan kemampuan kamera depan tersebut, Xperia T3 jelas tak mengincar penyuka selfie.

Adapun sebagai sistem operasinya, Xperia T3 masih mengandalkan Android 4.4.2 Kitkat. Sedangkan sebagai pemasok dayanya Sony mempercayakannya pada baterai yang lumayan besar yakni 2500 mAh.

3. Uji benchmark

Setelah membeberkan spesifikasinya, tentu harus dibuktikan kinerjanya. Adapun aplikasi yang digunakan untuk membuktikannya adalah melalui pengujian sintetis menggunakan AnTuTu dan juga 3DMark. Kedua aplikasi benchmark ini memang yang paling sering digunakan karena dianggap paling objektif.

Meski dengan spesifikasi yang bisa dibilang tak terlalu istimewa, ternyata raihan skor Xperia T3 saat diuji menggunakan AnTuTu cukup memuaskan. ponsel kelas menengah ini berhasil menorehkan skor sebesar 19519 poin.

Menariknya, skor tersebut bahkan masih lebih tinggi dari Galaxy S3 yang dulunya pernah menjadi andalan Samsung dan hanya berselisih sedikit dari Galaxy Note 2 yang juga merupakan smartphone kelas atas.

Bahkan bila dibandingkan dengan HTC One dan Galaxy S4 pun selisihnya tak terlalu terlampau jauh karena keduanya memiliki skor pada kisaran poin 25 ribuan. Jadi bisa dibilang performa Xperia T3 memang cukup menjanjikan meski tertahan di kapasitas RAM yang cuma 1 GB.

Dibanding AnTuTu, Aplikasi 3DMark Ice Storm bisa dibilang lebih menguras resource prosesor dan chip grafis lewat pengujian berbasis grafisnya. Adapun dalam pengujian ini detikINET memilih opsi pengujian Ice Storm Unlimited.

Ternyata raihan skor yang ditorehkan Xperia T3 terbilang lumayan, meski juga tak bagus-bagus amat. Ponsel ini membukukan skor sebesar 4831 poin yang ternyata mampu mengangkangi Galaxy S4 Mini yang masih berada di bawahnya dengan skor hanya 4780 poin. Padahal kecepatan prosesor Galaxy S4 Mini lebih tinggi dengan 1,7 GHz dan besaran RAM yang lebih besar yakni 1,5 GB.

Lebih jauh lagi bila dibandingkan dengan Moto G. Ponsel menengah besutan Motorola ini hanya mampu menorehkan raihan skor sebesar 4636 poin.

4. Kamera

Bicara Sony, tidak lepas dari kamera. Begitu juga dengan Xperia T3 yang harus membuktikan kualitas kamera 8 MP yang diusungnya. Dalam pembuktian ini detikINET menguji kualitas jepretannya dalam kondisi outdoor, indoor dan makro.

Pembuktian pertama dalam kondisi indoor, ternyata hasil jepretan Xperia T3 tak begitu istimewa. Porsi kontras memang terjaga seimbang, namun soliditas hasil jepretan nyatanya tak berbeda signifikan dibanding ponsel berkamera lain dengan spesifkasi serupa namun dibanderol lebih murah.

Hasil tak jauh berbeda juga didapat saat pengambilan gambar dalam kondisi outdoor. Soal warna, hasil jepretan Xperia T3 bisa dibilang memang cukup unggul, namun hasil tangkapan objek yang kurang solid lagi-lagi menurunkan kualitasnya, meski hanya sedikit.

Akhirnya pengambilan gambar secara makro pun membuktikan hal tersebut. Pengambilan objek dalam jarak dekat ini memperlihatkan bahwa kamera Xperia T3 memang kurang capable untuk menghasilkan kedalaman gambar yang solid.

Terbukti dari hasil gambar makro yang diambil dari kamera Xperia T3. Saat di-zoom, hasil jepretan makro Xperia T3 cenderung blur sehingga mengurangi kesolidannya. Ditambah lagi hadirnya noise yang juga semakin menurunkan tingkat solidnya meski tak signifikan.

Jadi baiknya pengguna melihat hasil jepretan Xperia T3 dari sisi pewarnaan yang memang unggul, bukan dari sisi kesolidan gambar. Caranya sangat mudah, pilih lokasi dengan pencahayaan cukup, selanjutnya ya tinggal jepret saja.

Karena pengujian yang detikINET lakukan menunjukkan pengambilan gambar menggunakan Xperia T3 dengan setingan standar justru menghasilkan gambar dengan pewarnaan yang cerah. Tentunya dengan mengesampingkan tingkat kesolidan yang memang tak begitu signifkan.

Untungnya Sony membekali kamera Xperia T3 dengan fitur-fitur menarik yang juga ada di ponsel mahalnya seperti AR effect, Creative effect, dan Portrait retouch yang bisa membuat hasil jepretan selfie dari kamera depan menjadi lebih baik.

Sumber : detik
  Produk Pilihan untuk Anda: